Serba serbi Pelek Mobil ( RIM )
Pelek Mobil
Pelek bisa meningkatkan penampilan mobil |
Pada dewasa ini begitu banyak jenis dan macam pelek yang kadang membuat kita menjadi bingung, ada yang terbuat dari besi, almunium, lalu ya ada yang mengatakan pelek forged, pelek die cast, pelek one piece, multi piece dan lain lain. Ayuk kita bedah satu persatu siapa tau barangkali mungkin tidak serumit yang kita duga selama ini.
Tergantung pada jenis kendaraan dan ban. Ada berbagai rim (pelek), serta jumlah komponen rim.
Pelek Truck yang belon komplit |
1. Kendaraan penumpang modern
dan ban tubeless yang biasa kita pakai biasanya menggunakan one-piece
rims One piece rims disini dimaksudkan adalah pelek merupakan satu
kesatuan.
2. Sedangkan pada Kendaraan berat ( truck dan Bus )
kadang memiliki jenis multi-piece, maksudnya adalah pelek itu terdiri
dari beberapa bagian yang bisa dilepas dan di persatukan dengan klem.
Komponen-komponen ini dilepas dari satu sisi untuk pemasangan ban.
Sedangkan dari jenis konstruksinya
kadang dibagi lagi yaitu
1. Pelek one pieces,
adalah pelek yang hanya satu bagian tidak bisa dibongkar dan diganti-ganti bagian peleknya.
Pelek 3 Piece dari Mercedes |
2. Pelek two pieces
adalah pelek yang bisa dipisahkan menjadi dua bagian, dan bagian-bagian
tersebut bisa diganti-ganti. Biasanya yang bisa dipisahkan adalah tapak
pelek dan center ring (tempat pcd). ( Sekadar mengingat Center Ring : http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/06/center-ring-velg-ring-cones.html )
3. Pelek three pieces.
Sedangkan 3 pieces sama seperti two pieces, tetapi bedanya bisa
dipisahkan pada 3 bagian, dan semua bagian bisa diganti sesuai
keinginan. Baik two dan three pieces bisa diganti tapak, offset ataupun
desain palangnya. Cirinya adalah terdapat deretan baut di sepanjang
center ring.
Ada beberapa macam jenis Pelek Mobil, biasanya dibagi beberapa jenis diantaranya adalah, Pembagian berdasar cara pembuatannya
Forging / TempaTempa dapat dilakukan melalui proses satu atau beberapa langkah penempaan dari berbagai paduan bahan biasanya magnesium, Pelek yang dihasilkan oleh metode ini biasanya memiliki ketangguhan yang lebih tinggi dan daktilitas yang lebih, meskipun biaya yang jauh lebih tinggi.
High pressure die casting (HPDC)
Pada proses ini menggunakan sebuah mesin besar yang memiliki kekuatan press tinggi. Magnesium dilelehkan atau dileburkan lalu dituangkan ke dalam tabung pengisi. Lalu dengan bantuan Pengepres/ Piston lalu mendorong logam ke dalam cetakan dengan kecepatan tinggi dan tekanan yang besar. Kemudian setelah magnesium mengeras/ beku kemudian dibuka dan cetakan dilepaskan. Pelek dihasilkan oleh metode ini dapat menawarkan penurunan harga dan peningkatan ketahanan korosi tetapi pelek jenis ini kurang ulet dan kekuatannya lebih rendah karena sifat HPDC.
Pelek Magnesium pada Carrera GT |
Pada Proses ini hampir sama dengan Proses HPDC cuman bedanya tidak di press dengan kecepatan tinggi , biasanya hanya berupa cetakan lalu diisi dengan magnesium cair. untuk yang lebih advanced biasannya cetakan disegel mati untuk menghindarkan pengaruh udara dari luar, sehingga cairan bisa masuk kedalam cetakan dengan sempurna tanpa menghasilkan pelek yang keropos. Bila diolah menggunakan metode praktek terbaik pelek LPDC dapat menawarkan peningkatan daktilitas diatas pelek magnesium HPDC dan setiap pelek aluminium cor,
Gravity casting (permanent mold and sand casting) Pengecoran gravitasi (cetakan permanen dan pengecoran pasir)
Metode ini menawarkan pelek dengan daktilitas yang baik, dan sifat relatif di atas apa yang dapat dibuat dengan aluminium casting.
0 komentar:
Posting Komentar