Selasa, September 02, 2014
Pembuatan disc brake mobilDocument Transcript
- PEMBUATAN DISC BRAKE ( Piringan Cakram )MOBIL 1. Teori Dasar Gambar Disc Brake Disc brake atau rem disk adalah perangkat untuk memperlambat atau menghentikan rotasiroda. Sebuah rem disk (atau rotor dalam bahasa Inggris Amerika) biasanya terbuat dari besi cor ,tetapi mungkin dalam beberapa kasus dibuat dari komposit seperti diperkuat karbon-karbon ataukomposit matriks keramik . Ini terhubung ke roda dan / atau poros . Untuk menghentikan roda,bahan gesekan dalam bentuk bantalan rem , terpasang pada alat yang disebut caliper rem,dipaksa secara mekanis, hidrolik , pneumatik atau elektromagnetik terhadap kedua sisi disc.Gesekan menyebabkan disk dan roda terpasang untuk memperlambat atau menghentikan . Remmengkonversi gerak terhadap panas, dan jika rem terlalu panas, mereka menjadi kurang efektif,fenomena yang dikenal sebagai memudar rem . Rem Disk dikembangkan pada awal abad kesembilan belas, tetapi kelemahan dalam desainsistem disk rem terus memasuki penggunaan mainstream. Masalah yang paling sulit diatasiadalah perpindahan panas, atau ketidakmampuan disk untuk mendistribusikan panas gesekanefektif. Masalah ini disebut fade rem dan ternyata umum pada model awal rem disk. Lebih jauh,karena jalan sekitar waktu itu masih primitif dan tak beraspal, kotoran dan debu sering datangdalam kontak dengan sistem rem disk, mengurangi kekuatan dan efektivitas rem dan seringmenimbulkan keausan dini dari komponen individu. Masalah-masalah ini akhirnya diselesaikan dengan menggunakan bahan komposit yangpanas didistribusikan secara lebih efektif dan kurang rentan terhadap keausan cepat. Metode lainuntuk memecahkan masalah panas dan kotoran termasuk lubang pengeboran pada rotor itusendiri, yang memungkinkan panas untuk membubarkan lebih efektif dan kotoran dan pasirmelewati tanpa mempengaruhi kinerja rem untuk gelar besar.
- 2. Gambar Sketsa Gambar Sketsa Disk Brake3. Gambar Teknik4. Spesifikasi Produk Ukuran: Diameter : 336 mm Height : 67.2 mm Pitch Circle Diameter : 139.7 mm Num. of holes :5 Style : Full Cast Jenis material : Besi cor Kelabu AISI 1040 Komposisi Kimia No. Unsur Persentase (%) 1 C 0.37 – 0.44 2 Mn 0.60-0.90 3 P 0.04 (max) 4 S 0.05 (max)
- Mechanical Properties Thermal Properties5. Proses Pembuatan Coran 5.1.Jenis Coran Low Pressure Die Casting Dalam Low Pressure Die Casting, logam cair dimasukan kedalam krus tertutup kemudian dialirkan gas (Biasanya udara tekan) yang bertekanan rendah dibawah 1 atmosfer sehingga tekanan terjadi pada permukaan logam. Maka logam akan terdorong keatas melalui pipa pengisi dan masuk kedalam cetakan yang sipasang sebelah atas, dengan demikian terbentuklah coran. Umumnya untuk memproduksi komponen yang memiliki kesimetrisan terhadap sumbu putar. Cetakan yang digunakan cetakan logam dan cara ini banyak digunakan untuk pengecoran Alumunium, Besi cor kelabu dan besi cor nodular
- Keuntungan Low Pressure Die Casting diantaranya : Tidak banyak logam yang terbuang Permukaan coran sangata halus dengan ketelitian ukuran sangat baik Dapat digunakan untuk produksi masal Gambar Skema Proses Low-Pressure Die Casting5.2. Jenis Cetakan Cetakan Logam
- Daftar PustakaTata Sudira., Ir. M.S.Met.E., Kenji Chijiwa. Dr., “Teknik Pengecoran Logam” , PT.Pradanya Paramita., Jakarta., 1996.http://www.steelexpress.co.uk/engineeringsteel/AISI-1040.htmlhttp://www.efunda.com/materials/alloys/carbon_steels/show_carbon.cfm?ID=AISI_1040&prop=all&Page_Title=AISI%201040http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en|id&rurl=translate.google.co.id&twu=1&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Cast_iron&usg=ALkJrhhWv3pfhfG_pDkuAULk1_pMEEWmmAhttp://www.scribd.com/doc/49944108/35867814-PIRINGAN-CAKRAMhttp://www.alibaba.com/product-gs/494811843/US_Car_Brake_Disc_American_Car/showimage.html
0 komentar:
Posting Komentar