Pages

Sabtu, 30 Agustus 2014

4 Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Berdiri Terlalu Lama

ibu hamil berdiri terlalu lama, dampak terlalu lama berdiri, varises, bengkak
TabloidNakita.com - Ada beberapa risiko bila ibu hamil berdiri terlalu lama, baik saat berada di angkutan umum, beraktivitas, atau rutinitas lainnya, dr. Didi Danukusumo, Sp.OG. dari RSB Panti Nugraha, Jakarta:

1. Berisiko Terkena Varises
Ibu hamil sebaiknya banyak bergerak, jangan berdiri  terlalu lama. Mengapa? Sebab berdiri terlalu lama menyebabkan unsur gravitasi, sehingga otot bekerja keras mengembalikan darah ke atas. Apalagi, bila ibu memiliki tonus pembuluh darah balik yang lemah. Pembuluh darah balik yang lemah  bisa mengakibatkan aliran darah terhenti dan membuat vena melebar. Akibatnya, timbul pengendapan-pengendapan hingga membuat tonjolan besar berwarna kebirua-biruan.

2.  Berisiko Pingsan Atau Terjatuh
Saat hamil terjadi pelebaran di seluruh pembuluh darah akibat pengaruh hormon progesteron. Akibatnya, banyak ibu hamil mengalami varises,  gusi berdarah, atau penurunan tekanan darah (hipotensi). Nah, jika si ibu hamil yang mengalami hipotensi berdiri terlalu lama tentu bisa berdampak buruk. Pusing dan pandangan yang gelap karena suplai darah ke otak berkurang bisa saja terjadi.
Dampak selanjutnya ibu bisa terjatuh dan mengakibatkan trauma pada kandungannya. Masalahnya, tak ada patokan berapa lama waktu maksimal ibu hamil boleh berdiri. Hanya yang bersangkutan yang dapat mengetahuinya. Kalau sudah merasa pusing, gelap dan sebagainya, ibu hamil disarankan mencari tempat yang nyaman untuk duduk atau beristirahat sejenak.

3. Kelelahan 
Wanita yang tidak hamil saja akan kepayahan bila harus disuruh berdiri berjam-jam, apalagi ibu hamil yang bebannya berlipat ganda. Untuk itu ibu hamil sebaiknya tidak berdiri  terlampau lama.  Sebab, kelelahan pad a ibu tidak bagi perkembangan janin di dalam kandungan. Bila pekerjaan ibu menuntut demikian, (SPG, umpamanya), pihak pemberi kerja mau tak mau mesti memberi toleransi. Biarkan ibu hamil untuk duduk kala tubuhnya sudah terasa lelah, capek dan pegal. Bila sudah mengalami pusing dan mata berkunang-kunang, bukan duduk lagi yang dibutuhkan ibu, tapi rebahan dan minum minuman yang manis dan hangat.

4. Berisiko Mengalami Pembengkakan Kaki  
Berdiri terlalu lama juga menyebabkan kaki bengkak, atau  memperparah bengkak kaki yang sudah dialami. Ingat, semasa    kehamilan, jumlah cairan tubuh yang meningkat selama kehamilan akan semakin memuncak antara trimester kedua-ketiga masa     kehamilan. Karena gaya gravitasi bumi akibat berdiri terlalu lama, maka cairan tersebut akan mengumpul di bagian bawah tubuh. Itulah sebabnya tungkai ibu hamil jadi membengkak. Kondisi ini disebut edema.

0 komentar:

Posting Komentar