Pages

Selasa, 26 Agustus 2014

Cara Setting Remot Kontrol Mobil Mainan

Sebenarnya ini bukan pertama kaliMobil Remote Control saya membelikan mobil mainan remot control pada anak saya. Akan tetapi memang baru kali ini saya membelikan dua buah mobil mainan remot control sekaligus pada anak saya (satu untuk kakaknya dan satu untuk adiknya – meskipun perempuan). Saya membelinya di toko swalayan terdekat dari rumah saya, yaitu di Luwes Super Market Purwodadi.
Setelah sampai rumah, kedua mobil mainan remot control tersebut saya coba bersama-sama. Sejekan saya terkejut dengan mobil mainan yang saya beli karena kedua mobil mainan tersebut dapat dikontrol dengan menggunakan satu remote kontrol. Artinya satu remot control mobil mainan dapat dipergunakan untuk mengontrol kedua mobil mainan sekaligus. Setelah saya amati ternyata kedua mobil mainan tersebut memiliki frekuensi yang sama yaitu 27 MHz. Makanya kedua mobil mainan itu dapat dikontrol dengan satu remot yang sama.
Pertama saya juga agak menyalahkan pada industri pembuat mainan mobil tersebut. Dalam benak saya bertanya-tanya mengapa membuat remote dengan frekuensi yang sama. Bagaimana bisa dibuat main balapan apabila frekuensinya sama. Tak lama kemudian teman anak tetangga saya main ke rumah dengan membawa mainan mobil remot control juga. Ternyata mobil mainan teman anak tetangga saya itu juga memiliki frekuensi yang sama juga, padahal dibeli dari toko yang jauh berbeda. Sehingga saya simpulkan frekuensi mobil remot control memang dibuat sama oleh industri pembuatnya untuk mempermudah produksinya. Apabila menghendaki frekuensi remote yang berbeda tentunya ada bagian yang dapat disetting.
Setelah saya bongkar, baik mobil remot maupun remotnya ternyata dugaan saya benar. Pada bagian rangkaian elektronik mobil maupun remot terdapat sejenis kumparan yang dapat di trim (diputar kearah kanan atau kiri) untuk menyesuaikan frekuensi antara mobil dengan remotnya. Seharusnya bagian inilah yang harus dilakukan perubahan untuk menemukan frekuensi yang diharapkan. Akan tetapi setelah saya coba putar sampai seperempat putaran ternyata tidak ada pengaruhnya.
Trus bagian mana lagi yang harus di rubah? Sampai sekarang saya belum dapat menemukannya. Saya sementara ini menyimpulkan bahwa komponen dari mobil mainan yang dapat di trim tadi kemungkinan sudah aus sehingga meskipun sudah diputar tidak akan dapat merubah frekuensinya. Kemungkinan juga memang frekuensi mobil mainan tersebut sudah disetting 27 MHz oleh industri pembuat mainan. Mungkin kawan-kawan memiliki cara tersendiri untuk merubah frekuensi mobil remote silahkan dapat dishear disini ya. Makasih..***

6 komentar:

  1. Gimana bentuknya yg diputar ke arah kanan atau kiri bisa di lihat fotonya

    BalasHapus
  2. Yg d buka bagian mana

    BalasHapus
  3. Saya baru beli rc hrga 100rbu buat ank. Remotnya gc bisa fungsi jauh hrus dkt trus mobil nya smpai antena controlnya. Solusinya gimna

    BalasHapus
  4. Ini saya juga baru saja membeli dua mobil mainan untuk 2 anak saya,dan setelah sampai rumah bikin pusing,karena satu remot juga sama bisa mengendalikan 2 mobil sekaligus

    BalasHapus
  5. Sebenarnya bisa disetting frekuensinya, malah bisa jadi 5-6 frekuensi yang berbeda, coba buat yang masih bingung cara merubah frekuensi nya bisa cari dengan kata kunci frekuensi mobil remote control

    BalasHapus
  6. Kalau frekunsi 2,4 GHz gimana cara merubahnya trims

    BalasHapus