Pages

Sabtu, 30 Agustus 2014

Oleh BrighterLife.co.id

158292289Lalu lintas di Jakarta memang kurang bersahabat, terutama di jam sibuk. Demi menghindari berdiri selama perjalanan di kendaraan umum seperti bis atau kereta, biasanya kita semua rela berangkat lebih pagi untuk berebut tempat duduk. Tapi tak perlu kesal kalau terpaksa berdiri di kendaraan umum, karena ternyata berdiri pun punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho.
Duduk terlalu lama setiap hari bisa memberikan masalah metabolisme pada tubuh, karena Anda tidak memproduksi bahan kimia tubuh yang cukup untuk memproses gula dan lemak. Terlalu lama duduk bahkan bisa meningkatkan resiko diabetes, masalah penyakit jantung, penyumbatan darah, dll. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa orang yang terlalu banyak duduk memiliki resiko 54% lebih besar untuk mengalami serangan jantung. Lebih buruk lagi, penelitian menunjukkan bahwa efek negatif dari duduk terlalu lama tidak akan hilang hanya dengan rutin berolahraga.
Di lain sisi, ternyata berdiri membantu lancarnya peredaran darah dan menjaga agar tekanan darah tetap normal. Berdiri juga memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan metabolisme. Ada pula penelitian yang menyatakan bahwa berdiri melatih otot punggung, sehingga mencegah masalah sakit punggung ataupun cedera tubuh lainnya. Berdiri selama 3-4 jam per hari dalam 5 hari per minggu bahkan membakar sekitar sekitar 50 kalori per jam, lebih banyak dibandingkan duduk sepanjang hari.
Dr. Mike Loosemore dari Institute of Sport Exercise and Health di University College London menyatakan bahwa berdiri selama 3 jam per hari dalam 5 hari per minggu memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan melakukan 10 maraton dalam 1 tahun. Kebiasaan sederhana ini akan mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, kanker, serta menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.
Saat ini semakin banyak orang menyadari manfaat dari berdiri dan mulai mengurangi durasi duduk yang mereka lakukan sepanjang hari. Bahkan ada produk yang belakangan ini populer di luar negeri, yaitu standing desk. Produk ini adalah meja yang dirancang khusus untuk membantu Anda bekerja sambil berdiri, sehingga Anda tak lagi duduk seharian saat bekerja. Tapi tak usah khawatir kalau Anda tidak memiliki meja ini di kantor Anda. Sebagai langkah awal, kurangi saja durasi duduk Anda sepanjang hari. Saat bekerja, berdirilah dan lakukan peregangan ringan tiap beberapa jam sekali.
Sederhananya: perhatikan ‘permintaan’ tubuh Anda. Ketika Anda sudah mulai merasa pegal dan kaku karena terlalu lama duduk, berdirilah dan berjalan-jalan sebentar. Ketika Anda sudah mulai merasa lelah berdiri, duduk dan beristirahatlah. Kelancaran peredaran darah pun akan terjaga untuk kesehatan Anda. Jadi, tak perlu marah-marah lagi kalau tak dapat tempat duduk di angkutan umum, ya. Sesekali, nikmati manfaat berdiri untuk kesehatan Anda.
- See more at: http://brighterlife.co.id/2014/08/11/berdiri-lebih-lama-untuk-tubuh-lebih-sehat/#sthash.PkZnTu5U.dpuf

0 komentar:

Posting Komentar